Rabu, 23 April 2014

Cara menjadi orang yang Cantik

Heloo minna-san ^_^

Ughh, lamanya blog ini tanpa berita QAQ
Maapkan lah author nya yang laknat ini , ujian telah membutakan mata saya! 
Maafkan saya :'(
#lebay.com

Hmmm, hari ini saya mau bahas apa ya? Hehehe saya selalu ngasih judul yang jelas kok.
Ya kali ini saya bakal bahas gimana caranya menjadi seseorang yang cantik tanpa harus jadi cantik lebih dulu :)
Bingung? Well just let it go~

Elsa without Makeup, hummm :T

Kita terlahir ke dunia sebagai manusia pasti selalu merasa ada aja hal yang 'kurang' dari segi fisik. Jangan melihat ke orang-orang yang kelebihan berat badan atau punya wajah yang nggak perfect dulu deh.
Liat aja cewek-cewek yang manis, unyuk-unyuk atau yang bodynya kayak gitar Spanyol pasti tetep aja punya kekurangan masing-masing. Ada yang cantik tapi gemuk lah, ada yang bodynya AMAJIIINGGG tapi jerawatan lah dan lain-lain. 

Sebenernya kalo mau bersyukur  semua perempuan itu cantik. Cuma kita aja yang nggak tahu 'cantik' kita itu ada di bagian mana dan dalam hal apa :)

Banyak cewek yang nggak bisa ngerasa PD cuma karena ada beberapa bagian didalam dirinya yang nggak cantik. Saya tahu rasanya gimana karena saya pernah mengalami fase-fase krisis kepercayaan diri sebab saya merasa bahwa diri saya tidak cantik. 

Tinggi saya 155cm, dengan berat 48,2 kg.
Kok tau? Iya soalnya tiap minggu saya ke lapangan kota, disana ada pengecekan IMT gratis :v *doyan gratisan

Dengan tinggi segitu harusnya saya udah cukup puas, mbak-mbak dari fakultas kedokteran yang ngecek kondisi kesehatan saya pun bilang antara tinggi dan berat badan saya sudah ideal. Tapi saya tetep merasa galau, kenapa?
Gini, pinggang saya sangat pendek. Bisa dibilang jarak antara rusuk dan pinggul saya lumayan dekat. Jadi saya selalu malu kalau harus memakai baju yang pressbody karna memang pinggang saya nggak ada, nggak afdol kan kalo nggak ada yang melekuk-lekuknya?
Belum lagi tipe kulit wajah saya itu berminyak. Tahu kan masalah cewek-cewek dengan kulit muka berminyak?
JERAWAT.
Bener, jerawat.
Jerawat saya nggak parah cuma tempatnya ditempat yang keliatan banget. Maluuu banget rasanya apalagi kalo dibandingin sama kakak kembar saya yang tipe kulitnya normal n mulus.
Rasanya pengen ngambil amplas terus ngamplas ini muka biar mulus kayak pantat bayi O_O

Karena rasa malu dan tidak puas itulah saya akhirnya saya menjadi orang yang mengalami krisis kepercayaan diri.
Keliatannya aja dari luar saya PD, tapi didalam hati rasa tidak puas dan malu itu selalu ada. 
Namun suatu hari, setelah sebuah perenungan panjang, akhirnya saya bisa bangkit dan menjadi orang yang benar-benar percaya diri hingga kini. Nggak tahu malu kali yaa , hahaha...

Bagaimana caranya saya berhasil mendapatkan kepercayaan diri tersebut?
Saya belajar, saya memperhatikan dan meneliti, apa sebenarnya penyebab krisis PD saya, dan seperti yang sudah saya tulis diatas itu ternyata karena faktor bentuk tubuh dan wajah sehingga saya merasa bahwa saya tidak cantik dan tidak pantas diterima dalam pergaulan. Saya lalu merenung dan mendapat pencerahan , saya menyadari bahwa ternyata ada banyak faktor yang membuat saya tetap terlihat cantik walau dengan minus disana-sini. Antara lain:

1. Senyum

Senyum itu benar-benar ampuh. Senyum adalah obat paling mujarab yang nggak bisa kamu beli di Apotek manapun. Senyum meringankan masalah dan amarah, dan senyum juga meningkatkan kepercayaan diri kita. Saya menyadari bahwa tiap kali saya tersenyum, nyengir kuda bahkan ngakak dan tertawa terbahak-bahak, orang lain melihat saya sebagai pribadi yang baik dan menarik. Saya tidak perlu menjadi cantik untuk tersenyum, semua orang bisa tersenyum, maka dari itu semua orang bisa menjadi 'indah' dan menarik hanya dengan segaris senyum. Nah , anda orang yang susah untuk tersenyum? Mulailah pasang foto-foto atau apapun yang membuat anda ingin tersenyum bahkan tertawa dikamar anda. Bisa jadi foto pacar, band  idola, anjing kesayangan, Sule, Ivan Gunawan atau apapun juga, tapi nggak usah nempel foto saya ya, ntar stroke lagi :)

Percaya atau nggak, senyuman itu emang bikin seseorang jadi lebih menarik loo .
Saya kalo dibandingin sama kakak saya udah jelas saya kalah, wong mukanya dia tipe normal n mulus... Saya? Jerewi-jerewi wuaaaaa :'v
But, walau kayak gitu kemana-mana tetep aja saya dibilang lebih cantik, cuma karena murah senyum #nyengirkuda

wkwkwkw, Believe me girls...
Just be friendly and put a smile on your face will makes you looks more cute and beautiful :)

2. Ramah

Lanjutan dari langkah pertama, yaitu ramah. Orang yang ramah, mengucapkan salam, berterima kasih dan menyapa orang lain sewajarnya dengan senyum tulus pastinya membangun image bagus untuk orang tersebut. Keramahan itu ciri orang Indonesia lho, saya murid pariwisata, jadi saya tahu bahwa om-om dan tante-tante bule yang dateng kemari  itu suka sama orang-orang Indonesia yang ramah dan nggak segan-segan menyapa. Dari mereka saya tahu bahwa di negara asal mereka, sifat individualistis nya sangat tinggi jadi sekedar menyapa juga agak susah. Nggak ngerti deh kenapa, tapi begitulah yang saya tahu dari tamu- tamu yang saya kenal sewaktu saya training.

Pernah nih, ada teman saya yang model dan wajahnya cantiiiiiikkk banget. Body nya muluuuuus dan aduhaiiii banget. Tapi orangnya super duper amat sangat ketus. Dibandingkan sama teman sekerjanya yang nggak terlalu cantik walaupun tinggi, namun ramah dan murah senyum, dia kalah pamor. Ini kejadian nyata yang bikin saya makin percaya bahwa kepribadian kita juga menjadi 'filter' atau efek yang 'mencantikkan' kita. Seperti efek Camera 360 gitu , hehehe 

Camera 360, aplikasi wajib cewek narsis. Hahaha :D

3. Terpelajar

Terpelajar disini maksudnya bukan berarti kita harus belajar terus dan jadi orang yang sangat pintar dengan paksaan pada otak (ribet deh bahasanya). Maksudnya kita juga harus memelihara kemampuan otak kita untuk berpikir dan memberi sebuah gagasan. Perempuan yang memiliki kemampuan untuk mengimbangi pembicaraan, apapun itu terlihat sangat mempesona menurut saya dan teman-teman laki-laki yang sering saya ajak ngobrol. Bukan berarti jago nyolot dan debat ya, maksudnya pengetahuan kita luas, nggak cuma tahu cara shading hidung yang benar atau cara memberi efek cute pada mata aja. Kita juga harus tahu situasi dan perkembangan dunia, paling nggak dalam skala nasional dulu ya. 
Pengetahuan adalah daya tarik yang luar biasa, banyak perempuan yang mengidam-idamkan laki-laki yang berpendidikan dan berpendapatan baik namun tidak pernah berpikir apakah  dia sudah menjadi perempuan yang pantas bagi laki-laki yang demikian? 
Rata-rata teman-teman saya yang orang tuanya kaya memiliki figur ibu yang luar biasa, berpengetahuan luas dan berpandangan terbuka. Salah satu ibu teman saya yang sangat saya kagumi berusia 53 tahun, wajahnya sudah penuh kerutan namun tetap terlihat sangat cantik dimata saya. Beliau memiliki pandangan yang bagus tentang kehidupan yang dijalaninya dan gaya bicaranya membuat saya mengira beliau adalah bobolan S2 padahal beliau hanyalah lulusan SMP. 
See?
Kalau ingin menjadi perempuan yang cantik, otak kita juga harus cantik, dengan artian kita tidak bisa dibodoh-bodohi begitu saja dan dapat menjadi figur yang mengagumkan untuk orang lain, paling tidak keluarga sendiri ^_^

4. Rapi

Well ini nggak mutlak sih,tapi berdasarkan pengamatan saya sendiri, entah mengapa perempuan yang rapi, yang memelihara tubuhnya dengan baik dan menggunakan pakaian yang rapi pada saat berada ditempat umum terlihat sangat cantik dan bersahaja. Pakaian yang rapi bukan berarti mahal ya, artinya pakaiannya nggak kucel-kucel, dan rambutnya ditata dengan apik, nggak harus diikat, yang penting sudah tersisir dan enak dilihat. Cantik banget deh :)
5. Sopan 




Ingat kasus Finalis Miss Universe 2013 dari Singapore yang menghina bapak-bapak yang bajunya berlubang didalam kereta? Menurut saya dia lumayan cantik untuk tipe gadis Asia, tapi karena tingkah lakunya itu, orang-orang pun banyak yang tidak lagi menganggapnya sebagai sosok yang 'cantik'.  Komentar yang paling lucu yang saya baca adalah ketika seorang pria Singapura mengomentari berita tersebut, saya ingat sekali kata-katanya yaitu

"Oh My Goddess, Singapore now have no butt no boobs!"

Hahaha, saya tidak bermaksud menghina tapi memang komentar tersebut sangat lucu dan kita bisa mendapatkan pelajaran darinya. 
Ketika anda melakukan sesuatu yang tidak sopan dan menghina walau sekali, sehebat apapun anda orang-orang yang antipati pada anda tidak akan lagi berfokus pada kelebihan anda dan mulai mencari kekurangan anda. Karena itu marilah kita berperilaku yang cantik, yang sopan agar orang lain pun berfokus pada kelebihan yang  kita miliki, bukan kekurangannya....

Setelah itu Jesselyn menghapus postingannya dan meminta maaf sih :D

6. Berkaca pada kecantikan Barat, bukan Asia

Kecantikan ala Asia seperti Korea dan Jepang akhir-akhir ini menjadi booming. Banyak perempuan yang ingin menjadi 'boneka' tanpa sadar banyak hal yang membuat hal itu mustahil untuk terjadi. Kecantikan ala Korea/Jepang lebih banyak berfokus pada warna kulit yang putih, wajah yang bersih, bibir tipis dan mata besar. Untuk itulah mereka banyak yang melakukan operasi plastik dan menebalkan wajah dengan tumpukan make-up yang bisa membuat laki-laki menangisi dompetnya #hahaha

Berbeda dengan definisi 'cantik' ala Barat. Mereka fokus pada apa yang menjadi kelebihan mereka. Dulu saat saya masih kecil , saya tidak mengerti kenapa orang-orang bisa berkata bahwa Lindsay Lohan, Rihanna atau Demi Moore itu cantik, namun setelah saya beranjak dewasa barulah saya menyadari letak kecantikan mereka. Rahang kotak, wajah yang berbintik, dan warna kulit yang gelap bukan menjadi alasan bagi mereka untuk menjadi tidak cantik, mereka memang seperti itu dan mereka tetap terlihat cantik. Kepercayaan diri dan bakat mereka terlihat lebih menonjol daripada kekurangan mereka dan itu yang membuat saya kagum pada artis-artis Barat. Mereka tetap ber make-up namun mereka menonjolkan kelebihan mereka suka banget deh dengan prinsip ini :)

Lindsay Lohan, ada bintik-bintiknya tapi tetep tantikkk

Kulitnya mbak Rihanna emang gelap banget, tapi dia imut OwO Mirip Barbie OwO

Rahangnya Mbak Demi itu lho... Kokoh banget, tapi liat senyum nya .Cinta deh :D
Begitulah kira-kira, hal-hal yang saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari. Saya selalu menanamkan motivasi dalam diri saya bahwa kekurangan saya bukanlah apa-apa kalau dibandingkan dengan kelebihan-kelebihan saya. Ketidaksempurnaan saya membuat saya terlihat lebih cantik sebagai manusia, soalnya ada juga saudara sepupu saya yang dari sisi fisik bener-bener bagus banget tapi lama ngejomblo. Bukan karena kelainan ya, tapi karena doi terlalu 'perfect' kata temen-temennya. Hahahaha, aneh-aneh aja, kelebihan kok malah jadi kekurangan, dan akhirnya saya malah kasih tips-tips diatas buat dia dan lumayan manjur, bahkan dia tenar banget sekarang nggak kayak mbaknya TwT #eh


Sekian deh curcolan saya, semoga aja ada guna nya karena sebenernya saya ngetik ini dadakan di warnet sambil nunggu balesan soal lamaran kerja yang saya ajukan via email :D
Doain semoga diterima dengan gaji yang pantas ya (>/\<)

Any comment please? To correct my faultie (walo emang sarannya sesat sih hahaha....) 
Ciao :D
ヾ(*´∀`*)ノ 

 ⊂ヽ( ^ω^)つ^ω^)つ  
      \   /  /   
      ( __フ( __フ  
     (/  (/    

おはよー♪ 

Tan Hyou Rin

Saya sih nggak cukup kalo cantik, harus tampan dan berani juga hahaha :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semuanya boleh komentar, selama nggak dengan randomnya ngajak saya nikah (?) bakal saya bales kok :3
Nyaaaa~
Tan